Tuesday, 2 September 2014

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Sesak Nafas (Asma)

Pertolongan Pertama Sesak Nafas (Asma) - Sesak nafas merupakan penyakit yang berkaitan dengan pernafasan, Sesaf nafas sendiri sering juga di sebut dengan penyakin asma. Penyakit ini terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan atau timbulnya gejala peradangan pada saluran pernafasan. Sesak nafas dapat menyerang secara tiba-tiba apalagi dalam kondisi udara atau suhu yang dingin.

Penyakit asma tidak bisa di anggap remeh, jika tidak di tangani dengan benar bisa menjadi lebih parah dan tentunya berujung pada kematian, pada sebagian orang penyakit ini di alami di usia tua akibat penurunan kesehatan dan hidup yang kurang sehat, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang anak kecil atau remaja.

Kadang kala kita bertemu orang yang sedang mengalami gejala sesak nafas, saat itulah orang tersebut perlu mendapatkan pertolongan pertama, dan bagi anda yang ingin mengatahui pertolongan pertama pada sesak nafas bisa mengikuti cara berikut ini.

Pertolongan Pertama Pada Sesak Nafas (Asma)


1. Bawalah penderita ke tempat yang memiliki udara sejuk dan apabila di terjadi di dalam ruangan bawalah penderita keluar ruangan.

2. Atur posisi penderita dalam keadaan duduk di kursi atau cara yang lebih baik dengan menempatkan penderita dalam posisi setengah duduk dan bersandar pada tembok. Setelah itu berikan bantal dan tempatkan pada leher agar terasa lebih nyaman. Jangan sekali-kali memposisikan penderita terlentang atau berbaring!! Posisi seperti ini membuat pernafasan jauh lebih sulit sehingga memperparah asma yang sedang di alami penderita.

3. Biasanya saat terjadi suasana genting kita akan menghadapinya dengan panik yang mana ini semakin memperburuk suasana, saat menghadapi penderita asma anda lah yang berperan penting dalam pemberian Pertolongan Pertama, lakukanlah dengan rileks dan santai.

4. Tanyakan apakah penderita membawa obat asma, jika membawa ini akan sangat membantu penyembuhan penderita.

5. Setelah itu anda bisa memijat bagian jempol kedua kakinya secara perlahan, tepatnya sekitar 3.5 cm dari atas ruas jempol karena di situlah letak saraf paru-paru berada.

6. Apabila penderita tidak kunjung baikan dalam tempo 15 menit, atau bahkan terlihat memburuk segera bawa penderita ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk medapatkan pertolongan.
Baca Juga : Tips Cara Memutihkan Wajah Secara Alami
Mungkin itu saja hal yang perlu di lakukan saat di sekitar kita ada orang yang sedang mengalami gejala asma, Pertolongan Pertama wajib di berikan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Demikianlah yang dapat situmedis.blogspot.com informasikan, semoga artikel Pertolongan Pertama Pada Sesak Nafas (Asma) ini bisa membantu dan bermanfaat. Terimaksih.

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Sesak Nafas (Asma) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: raditiya sholechan

Popular Posts